Home » » Memahami Perangkat Keras (Hardware)

Memahami Perangkat Keras (Hardware)

Written By Unknown on Wednesday, July 16, 2014 | 5:07 AM



Memahami Perangkat Keras (Hardware)
 Memahami Perangkat Keras (Hardware)


Untuk menjadi seorang yang teknisi computer professional,anda perlu mengenal dan memahami berbagai perangkat atau komponen yang ada di dalam computer terlebih dahulu, system kerja computer terdiri atas berbagai elemen yaitu hardware(perangkat keras) , software(perangkat lunak) dan brainware (orang yang mengoperasikan computer tersebut),dalam computer ada berbagai macam komponen ,untuk hardware (perangkat keras), komponen – komponenya antara lain motherboard, prosesor, memori, vga card, disk drive, lan card,  sound card, dan masih banyak lagi, sementara itu software( perangkat lunak) merupakan program yang berisi perintah – perintah untuk melaksanakan pengolahan data tertentu, misalnya microsoft office, paint, corel draw, photoshop, 3DS Maks dan masih banyak lagi, untuk menjadi teknisi professional tidak mudah semua perlu proses,  kamu harus memenuhi syarat:
Syaratnya yang pertama Belajar dari pengalaman dan penelitian, anda harus mengupdate pengetahuan dalam berbagai permasalahan dan penanganan berdasarkan pengalaman yang pernah anda temui karena teknologi tidak pernah berhenti dan terus berkembang,
syarat yang ke dua adalah meningkatkan kemampuan yakni kemampuan dalam  menggunakan pengetahuan pada situasi dan hal baru.
Syarat yang ke tiga adalah mempunyai kemampuan berfikir logis dan kreatif , hal ini sangat penting agar kemampuan kamu dapat berkembang jadi kamu harus kreatif dan berfikir logis.
Syarat yang ke empat adalah disiplin, hal ini sangat penting bagi anda karena sesuatu yang di kerjakan oleh seorang teknisi computer harus tertata dengan baik, agar semua peralatan tidak ada yang hilang.
Syarat yang ke lima adalah berkomunikasi yang baik, hal ini juga sangat perlu pada saat anda mengidentifikasi masalah yang ada berdasarkan informasi dari sumber tertentu.
Syarat yang ke enam adalah komitmen dalam semua hal, ini merupakan tanggung jawab kamu sepenuhnya sebagai seorang teknisi computer professional.
Syarat yang ke tujuh adalah sikap rendah hati, hai ini penting bagi teknisi computer karena kamu tak boleh sombang dengan apa yang kamu bisa.
Syarat yang ke delapan adalah dapat menyelesaikan masalah dalam waktu yang di tentukan, ini akan sangat membantu anda dalam menyelesaikan masalah karena apabila dalam waktu yang di tentukan pekerjaan itu belum selesai, bagaimana dengan yang lain, jadi kamu harus mempunyai sifat yang ini.
Oklah tanpa banyak basa basi lagi, kita langsung saja ke permasalahannya, karena saya sudah lapar sob, he he he ….
di bawah ini adalah perangkat computer yang wajib di pahami sob, serta kamu harus tau macam-macamnya, inilah perangkat computer :

Motherboard
Motherboard atau mainboard adalah papan besar di dalam CPU yang berfungsi sebagai penghubung seluruh perangkat computer, dan sekaligus mengatur kerja komponen tersebut agar berfungsi secara baik, Motherboard di bagi menjadi dua  yaitu :
Motherboard Interface (ingin tau lebih dalam? Klik aja tulisannya Yang warna biru)
Moherboard Onboard   (ingin tau lebih dalam? Klik aja tulisannya Yang warna biru)

Macam – macam  Slot
Ada beberapa slot yang kamu harus tau untuk kamu menjadi teknisi professional, apabila kamu tidak tahu slot, wah susah untuk jadi teknisi, maka dari itu kamu harus tau, ok simak slot di bawah:
Slot Ekspansi
a.Slot ekspansi adalah slot yang di gunakan untuk pemasangan card adapter
gambar  (ingin tau lebih dalam? Klik aja tulisannya Yang warna biru)

Prosesor
Prosesor merupakan otak dari computer, semua proses pada computer berpusat pada prosesor sehingga ia merupakan bagian terpenting dari computer. Satuan kecepatan prosesor adalah Mhz atau Ghz (Ghz = 1000 Mhz, semakin besar nilainya maka semakin cepat kinerja computer kamu sob, sepertinya computer keluaran sekarang sudah Ghz semua, di dalam artikel Prosesor akan di jelaskan bagian – bagian utama prosesor  ,
(ingin tau lebih dalam? Klik aja tulisannya Yang warna biru)

Memori
Memori atau biasa di sebut RAM yang kepanjangannya Random Access Memori adalah media penyimpanan pada computer , gak sama sob kayak hp, memorinya computer beda dengan memori hp. Ram  merupakan media penyimpanan pada computer yang di gunakan untuk menyimpan data atau program yang sedang bekerja. Memori ini merupakan,…
(ingin tau lebih dalam? Klik aja tulisannya Yang warna biru)

VGA Card
VGA card adalah adapter yang berfungsi mengatur monitor, jenis – jenis VGA card ada beberapa macam tergantung slot yang tersedia motherboard, jadi pertama kamu baca slot yang di atas itu sob, biar nyambung , jenis VGA card itu ada ISA, PCI, AGP, PCI Exprees, kapasitas Vga sama dengan memori atau ram tadi sob, mangkanya baca semua dari atas, berikut ini jenis Vga card….
(ingin tau lebih dalam? Klik aja tulisannya Yang warna biru)

Macam – macam Port
Port merupakan tempat di pasangnya berbagai konektor dari peralatan tersebut dimana setiap port itu  berada di bawah control prosesor, tahukan prosesor itu apa, baca aja prosesor di atas. Di dalam ini akan di jelaskan berbagai macam  port yang ada Contoh Port Paralel adalah Port dengan…
(ingin tau lebih dalam? Klik aja tulisannya Yang warna biru)

Disk Drive
Disk Drive adalah perangkat pendukung yang terdapat pada computer, bagi seorang teknisi wajib tau tentang disk drive ini,  disk drive ini meliputi harddisk , floppy, dan CDROM.
Di dalam ini akan di jelaskan apa itu harrdisk , floppy dan CDROM, tak ada salahnya kamu harus tau. Ok akan saya jelaskan sedikit,
Harddisk adalah salah satu penyimpanan yang berfungsi sebagai….
(ingin tau lebih dalam? Klik aja tulisannya Yang warna biru)

Makasih bro telah membacanya , semoga bermanfaat.
Kalau ada yang tidak jelas atau kurang jelas dengan cara di atas, kamu bisa bertanya dengan cara meletakkan pertanyaan itu di kotak komentar di bawah.
Thanks.

Jangan lupa baca juga :
Cara cek jenis prosesor
Syarat menjadi teknisi professional
Cara merakit cpu
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Proses Kerja Komputer
Copyright © 2013. Proses Kerja Komputer - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger